Kepemimpinan Hindu dan Nīti Sāstra

1. Pengertian Kepemimpinan

Pemimpin adalah orang yang memimpin dan diberikan mandat oleh sekelompok orang untuk dijadikan panutan dan mampu bekerja sama dan mempunyai kemampuan dalam menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan Kepemimpinan adalah sekumpulan kemampuan yang dimiliki seorang pemimpin baik berupa kepribadian, sifat dan wibawa yang merupakan seni dalam menggerakkan orang lain untuk mengikuti perintah dan tugas yang diberikan dalam mencapai tujuan bersama, tanpa ada unsur paksaan. Atau dengan kata lain kepemimpinan juga dapat diartikan sebagai sistem mengkoordinasikan, kemampuan mengadakan perencanaan, kemampuan menggerakkan dan mengadakan pengawasan.

2. Pengertian Nīti Sāstra

Kitab atau susastra Hindu yang banyak mengulas tentang konsep-konsep kepemimpinan termasuk etika dan moral di dalamnya disebut dengan kitab “Nīti Sāstra”. Kata ini berasal dari Kata Sanskerta “Niti” yang berarti bimbingan, dukungan, bijaksana, kebijakan, etika. Sedangkan “sastra“ berarti perintah, ajaran, nasihat, aturan, teori, dan tulisan ilmiah. Berdasarkan uraian di atas, maka kata Nīti Sāstra berarti ajaran pemimpin. Dengan demikian ruang lingkup Nīti Sāstra tentu sangat luas mencakup pula etika, moralitas, sopan santun dan sebagainya. Dari pemahaman etimologi tersebut maka “Nīti Sāstra” dapat diartikan sebagai keseluruhan sastra yang memberikan ketentuan, bimbingan, arahan bagi umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan agar menjadi lebih teratur, terarah, dan lebih baik dengan berlandaskan pada nilai-nilai moral Agama Hindu.

                        Untuk memahami kepemimpinan Hindu atau kepemimpinan yang universal, seseorang dianjurkan untuk mempelajari Nīti Sāstra. Mengingat, pengetahuan dan pemahaman sejarah/ konsep pemikiran Hindu (Nīti Sāstra) di bidang Politik, ketatanegaraan, ekonomi, dan hukum yang masih relevan sampai kini. Konsep-konsep tersebut adalah sumber penting yang memberi kontribusi perkembangan konsep-konsep selanjutnya  di India, Asia bahkan dunia. Adapun kontribusi Nīti Sāstra dalam peradaban global antara lain :

  • Pemikiran dalam Nīti Sāstra dapat memberi masukan penting berupa konsep dan nilai positif dalam pengembangan, pembaharuan, penyusunan kembali konsep-konsep politik, ketatanegaraan, ekonomi, peraturan hukum era kini.
  • Usaha menggali, mengangkat nilai-nilai Hindu sebagai sumbangan Hindu dalam percaturan dunia keilmuan. Paradigma sosial bahwa politik itu kotor dapat hilang.

 

Tinggalkan komentar