Simpulan

  • Pemimpin adalah orang yang memimpin dan diberikan mandat oleh sekelompok orang untuk dijadikan panutan dan mampu bekerja sama dan mempunyai kemampuan dalam menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan adalah sekumpulan kemampuan yang dimiliki seseorang baik berupa kepribadian, sifat dan wibawa yang merupakan seni dalam menggerakkan orang lain untuk mengikuti perintah dan tugas yang diberikan dalam mencapai tujuan bersama, tanpa ada unsur paksaan.
  • Konsep-konsep kepemimpinan menurut ajaran Agama Hindu yang banyak diajarkan dalam sastra dan susastra-nya antara lain : Sad Warnaning Rajaniti, Catur Kotamaning Nrpati, Tri Upaya Sandi, Pañca Upaya Sandi, Asta Brata, Nawa Natya,Pañca Dasa Paramiteng Prabhu, Sad Upaya Guna, Pañca Satya dan lain-lain.
  • Syarat seorang pemimpin selalu dihubungkan dengan tiga hal yaitu : kekuasaan, kewiwabaan dan kemampuan. Selain itu seorang pemimpin juga harus memiliki intelegensi yang tinggi yang memungkinkan dalam pengambilan keputusan secara tepat dan cepat, memiliki karakter yang jujur, sungguh-sungguh dan percaya pada bawahan.
  • Sifat yang diperlukan dalam kepemimpinan yaitu : rendah hati, jujur, suka menolong, sabar, dan percaya diri.

Tinggalkan komentar